Rabu, 17 Maret 2010

PENGOBATAN

Orang tua memainkan peran yang sangat penting dalam
membantu perkembangan anak.
Seperti anak-anak yang lainnya, anak autis terutama
belajar melalui permainan. 
Bergabunglah dengan anak ketika dia sedang bermain,
tariklah anak dari perilaku dan ritualnya yang sering
diulang-ulang, dan tuntunlah mereka menuju kegiatan
yang lebih beragam. Misalnya, orang tua mengajak anak
mengitarikamarnya, kemudian tuntun mereka ke ruang
yang lain. Orang tua perlu memasuki dunia mereka untuk
membantu mereka masuk ke dunia luar.
 
Kata-kata pujian karena telah menyelesaikan tugasnya
dengan baik, kadang tidak berarti 
apa-apa bagi anak autis. Temukan cara lain untuk
mendorong perilaku yang baik dan untuk mengangkat
harga dirinya. Misalnya berikan waktu lebih untuk
bermain dengan mainan kesukaannya jika anak telah
menyelesaikan tugasnya dengan baik.
 
Anak autis belajar lebih baik jika informasi
disampaikan secara visual (melalui gambar) dan verbal
(melalui kata-kata). Masukkan komunikasi augmentatif
ke dalam kegiatan rutin sehari-hari dengan
menggabungkan kata-kata dan foto, lambang atau syarat
tangan untuk membantu anak mengutarakan kebutuhan,
perasaandan gagasannya.
 
Tujuan dari pengobatan adalah membuat anak autis
berbicara. Tetapi sebagian anak autis 
tidak dapat bermain dengan baik, padahal anak-anak
mempelajarikata-kata baru melalui permainan. Sebaiknya
orang tua tetap berbicara kepada anak autis, sambil
menggunakan semua alat komunikasi dengan mereka,
apakahberupa isyarat tangan, gambar, foto, lambang,
bahasa tubuh maupun teknologi.
Jadwal kegiatan sehari-hari, makanan dan aktivitas
favorit, serta teman dan anggota 
keluarga lainnya bisa menjadi bagian dari sistem
gambar dan membantu anak untuk berkomunikasi dengan
dunia di sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar